Selamat Datang di Official Webblog
//setting pilihan bahasa

STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa dan Perubahan Status

Oleh: Drs. H. Nabhani, MBA, MM

Pada tahun 1980 didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Zawiyah Cot Kala Langsa, kampusnya terletak di Sekolah MIN Pilot, Jalan Ahmad Yani Langsa.

Nama Zawiyah Cot Kala ditambalkan pada waktu itu berlatar belakang semangat penyebaran Agama Islam dari Kerajaan Negeri Peureulak. Cot Kala terletak di Kecamatan Birem Bayeun sekarang, dulu tempat ini dibangun sebuah Dayah yang cukup maju dan pesat diberi nama “Dayah/Pesantren Zawiyah Cot Kala.
Sesuai dengan Nazam Aceh
“Nanggroe Peureulak Agama Phon – Phon, Dudoe Meusambong Wilayah Geudong Pasee Samudra.”

“Geucetak Kader Beserta Badan Kuliah Dudoe Geupinah U Aramia Wilayah Langsa.”
“Geureusik Yatim Malek Ibrahim Pembawa Dakwah, Malek Abdullah U Mataram U Nanggroe Jawa.”

“Thon 778 U Irian Lam Thon Hijriah, Pembawa Dakwah Agama Allah Syeh Abu Bakar. 
Dari Nazam tersebut di atas, terukir sejarah bahwa di Aramia telah dibangun sebuah Dayah/Pesantren yang cukup maju dan terkenal serta diberi nama Dayah/Pesantren Zawiyah Cot Kala.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita perlu status atau nama masa lalu terhadap lembaga pendidikan ini. Ada yang menjawab Saya perlu nama masa lalu dan adapula yang menjawab kita perlu status dalam dinamika pembangunan sekarang ini. Serta ada pula yang menjawab kita perlu kedua–keduanya.
  • Semula nama sekolah ini STAI Zawiyah Cot Kala berjalan dari Tahun 1980 – 2006 dalam Status Swasta diurus oleh Yayasan dan dibantu oleh Pemda Aceh Timur.
  • Kemudian statusnya ditingkatkan dari STAI menjadi STAIN diurus langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dari 2006 – 2014.
  • Sekarang ditingkatkan lagi statusnya dari STAIN menjadi IAIN, Insya Allah mulai Tahun 2014 sampai menuju status tertinggi yaitu UIN (Universitas Islam Negeri)
Dibanding dengan diurus oleh Yayasan jauh lebih maju ketika diurus oleh Pemerintah c/q Kementrian Agama Republik Indonesia, baik personalianya, dosennya, pembangunannya, fasilitasnya jauh lebih meningkat sehingga diantara sekian banyak STAIN di seluruh pulau Sumatera, justru STAIN Zawiyah Cot Kala yang berhasil memperoleh peningkatan statusnya dari STAIN Zawiyah Cot Kala menjadi IAIN Langsa berkat Manajemen Mutu dan Manajement By Obyektiv serta didukung oleh semua pihak.

Kesimpulan: Perubahan Nama dari STAIN Zawiyah Cot Kala menjadi IAIN Langsa, adalah Kebijakan dari Kementerian Agama Republik Indonesia dimana mulai tahun 2014 Nama Lembaga Perguruan Tinggi, cukup disebut nama Kota dan tidak ditambalkan nama tokoh terkenal dan nama tempat tertentu yang dianggap bersejarah.

Intinya adalah :
  • Kalau kita pilih nama tentu kita mohon kembali agar lembaga ini menjadi STAI status swasta seperti Tahun 1980. Dikelola kembali oleh Yayasan apakah kita sanggup membangun Kampus lain sesuai dengan letak lokasi di Cot Kala, Aramia, Kec. Birem Bayeun.
  • Kalau keadaan sekarang Lembaga ini sudah 2 kali peningkatan status negeri yaitu STAIN dan IAIN dibawah Kementerian Agama RI tentu nikmatnya tidak banyak membebani Wali Mahasiswa terutama dalam bidang Administrasi, Manajemen dan Pembangunan Gedung – Gedung untuk fasilitas Kampus.
  • Saran Saya kalau sudah selesai peresmian peningkatan status dari STAIN menjadi IAIN jika banyak pihak masih berkeinginan untuk menambalkan nama Zawiyah Cot Kala dengan alasan yang kongkrit misalnya nilai sejarah, nilai perjuangan, dll. Maka mari kita usul kembali kepada Kementerian Agama RI supaya dapat dikabulkannya.
Orang Inggris mengatakan What Is Name (Apalah Nama), kata Joko Widodo Presiden RI yang penting adalah Kerja, Kerja, dan Kerja. Kata pendiri-pendiri STAI Zawiyah Cot Kala “Nikmatilah Rahmat Allah dan usaha baik yang telah ada, jangan berfikir yang negatif karena di depan kita masih banyak anak-anak bangsa yang perlu dicetak di Lembaga ini menjadi Sarjana Islam yang berwawasan Islam guna bertanggung jawab terhadap terlaksananya Syariat Islam di Aceh.

Demikianlah sebagai masukan kepada Lembaga ini, jika baik dan berguna silahkan diambil dan jika tidak baik biarlah terbang di awan-awan sekitar Kampus ini. Saya yakin yang benar tetap benar dan yang salah akan dinilai oleh masyarakat. Akhirnya mari kita jaga kekompakan dan keutuhan dalam membangun IAIN Langsa menjadi status yang lebih tinggi yaitu UIN Langsa.

Langsa, 05 Desember 2014
Yang Memberi Pendapat dan Saran

Drs. H. Nabhani, MBA, MM
Share this post :

Post a Comment

RADIO MAHASISWA


Get the Flash Player to see this player.

Radio Cot Kala FM 107.7 Mhz
SMS: 0812-6012-6440

PAPAN PENGUMUMAN



 
Support : IAINLANGSA
Copyright © 2015. IAIN LANGSA - All Rights Reserved
Template Edited by abuAqilah
Proudly powered by Blogger