Selamat Datang di Official Webblog
//setting pilihan bahasa

Zawiyah Forum: Mengelola Keragaman: Islam dan Relasi Antar Iman di Aceh Kontemporer


Keragaman, dapat diartikan sebagai multikulturalisme, adalah sunnatullah yang tidak dapat ditolak sama sekali. Beranjak dari titik pangkal tersebut maka keragaman tidak saja hanya berhenti kepada pengetahuan bahwa ada perbedaan di dalam kehidupan kita, melainkan kerja keras secara terus menerus supaya keragaman ini dapat menjadi dasar kerjasama yang positif.

Tantangan terbesar bagi masyarakat Muslim adalah membangun kerja dengan the other, yang berbeda atau-pun sesuatu yang dianggapnya asing, terutama yang berkaitan dengan perbedaan keyakinan dan kebudayaan. Banyak sekali celah-celah dimana kecurigaan itu terbangun, mulai dari sejarah panjang ketegangan antar agama sampai dengan streotipe yang terus saja terbangun sejak jauh-jauh hari. 

Buku yang kini berada ditangan pembaca merupakan hasil penelitian Dosen STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Buku yang merupakan kumpulan hasil penelitian dalam bidang Sosial keagamaan ini, berusaha menjelaskan betapa perbedaan-perbedaan tersebut dapat dijembatani bila ada dialog dan membangun titik temu secara serius.


Zawiyah Forum. 
Zawiyah Forum merupakan program diskusi dwi mingguan yang dikelola Penerbit Zawiyah (lembaga semi-otonom di LPPM IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang berfokus memfasilitasi penerbitan buku). Diinisiasi pembentukannya sejak akhir 2014, Zawiyah Forum diniatkan turut berkontribusi meramaikan pertukaran gagasan dalam ruang publik akademik. Karenanya, tema-tema diskusi yang dikembangkan dalam Zawiyah Forum berorientasi mempromosikan kehidupan keagamaan yang demokratis, pluralis, dan terbuka serta gagasan-gagasan yang memuliakan kesetaraan, kebebasan, keragaman, trust society lintas agama, ras, kultur dan gender. 
Share this post :

Post a Comment

RADIO MAHASISWA


Get the Flash Player to see this player.

Radio Cot Kala FM 107.7 Mhz
SMS: 0812-6012-6440

PAPAN PENGUMUMAN



 
Support : IAINLANGSA
Copyright © 2015. IAIN LANGSA - All Rights Reserved
Template Edited by abuAqilah
Proudly powered by Blogger