Selamat Datang di Official Webblog
//setting pilihan bahasa

Wisuda Gelombang ke-2 Tahun 2019, Rektor Mewisuda 301 Lulusan

Rektor IAIN Langsa, Dr. Basri, MA saat melantik wisudawan

Sebanyak 9 dari 301 lulusan Sarjana Satrata Satu (S-1) IAIN Langsa, memperoleh nilai terbaik pada wisuda tahap II tahun akademik 2018/2019, Kamis (28/11/2019) di aula Seuramo Teuhah IAIN setempat.

Ke-9 lulusan ini diantaranya Farazia Rezki Putri, S.Pd dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IPK 3,79), Indri Retnowati, S.H Fakultas Syariah (IPK 3,77), Fitri Anita, S.H Fakuktas Syariah (IPK 3,74).

Khairunnisa, S.Pd Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IPK 3,69), Syahriani Galingging, S.E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (IPK 3,68), Evilia Purnamasari, S.E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (IPK 3,68), Lia Hartina, S.Sos Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (IPK 3,64), Erlina, S.Pd Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IPK 3,63), dan Wiwid Anggiasari, S.Sos Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (IPK 3,53).

Rektor IAIN Langsa, Dr. H Basri MA, menyampaikan, 2 bulan lalu tanggal 11 September 2019 IAIN Langsa juga telah mewisuda sejumlah 544 lulusan dari berbagai program studi, dan hari ini kembali diwisuda 301 orang lulusan.

"Selama ini anda sebagai orang yang dibina di kampus, ke depan diharapkan mampu menjadi mitra yang bisa memberikan kontribusi besar bagi kemajuan kampus ini," ujarnya.

Rektor menambahkan, selain IAIN Langsa juga terdapat sejumlah perguruan tinggi lainnya di kabupaten/kota, ibu kota provinsi, maupun di luar Aceh yang secara rutin meluluskan mahasiswa bertitel sarjana.

Kondisi ini menjadi ironis dan diibaratkan pisau bermata dua, karena disatu sisi bertambahnya kuantitas kaum intelektual.

Tentunya seharusnya lulusan S1 dapat berkontribusi terhadap percepatan pembangunan bangsa.

Namun, minimnya lapangan pekerjaan, tentunya akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran terpelajar.

Menurut data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2019, kata Rektor, terjadi peningkatan jumlah pengangguran dengan latar belakang Diploma dan Sarjana.

Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan pengangguran terdidik ini, adalah adanya kecenderungan bagi kaum terdidik dalam memilih pekerjaan yang sesuai.

Berbeda halnya dengan masyarakat yang berlatar belakang pendidikan rendah, yang cenderung lebih menerima pekerjaan apa pun.

Disamping faktor tersebut, terdapat beberapa faktor lain diantaranya kurang memiliki skill, baik itu hard skill maupun soft skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Selain itu, kurangnya kreatifitas dalam mencari informasi yang saat ini tidak dapat dilepaskan dengan dunia informasi teknologi (IT),

"Dan juga kurang memiliki jaringan (pergaulan yang positif) atau yang kita kenal dengan networking," jelasnya.

Sementara, tambah Dr H Basri, memasuki era revolusi industri 4.0 atau sering disebut era disrupsi teknologi, dan dengan kondisi persaingan gobal yang kian meningkat.

Dia berharap lulusan IAIN Langsa mampu bersaing dalam mengambil posisi baik di dunia kerja maupun dunia usaha.

Semasa perkuliahan anda telah dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, serta wawasan.

Namun keberhasilan anda ke depan sangat tergantung dari usaha dan kerja keras yang anda lakukan.

Rektor berharap lulusan IAIN Langsa terus meningkatkan kemampuan yang telah diperoleh selama belajar kampus ini.

"Carilah sebanyaknya pengalaman, karena banyak keberhasilan yang diperoleh dari berbagai pengalaman yang telah dilalui," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Dr H Basri, secara khusus selamat datang dan terima kasih Warek Bidang Akademik Unsyiah Banda Aceh, Prof. Dr. Ir. Marwan, selaku penyaji orasi Ilmiah pada wisuda IAIN Langsa ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Muhammad Suhaili Sufyan, melaporkan, sampai saat ini IAIN Langsa secara keseluruhan telah menghasilkan 10.450 orang lulusan S1.

Sedangkan pada wisuda tahun akademik /2019 2019 ini IAIN Langsa meluluskan sebanyak 301 orang, diantaranya dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran sebanyak 148 orang.

Fakultas Syariah sebanyak 49 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sebanyak 61 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 43 orang. (*)





Share this post :

Post a Comment

RADIO MAHASISWA


Get the Flash Player to see this player.

Radio Cot Kala FM 107.7 Mhz
SMS: 0812-6012-6440

PAPAN PENGUMUMAN



 
Support : IAINLANGSA
Copyright © 2015. IAIN LANGSA - All Rights Reserved
Template Edited by abuAqilah
Proudly powered by Blogger